Berita
14-10-2021
Wali Kota Blitar Tinjau Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Gedung Kesenian Aryo Blitar

Blitar Kota - Serbuan vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar berlangsung di Gedung Kesenian Aryo Blitar, (14-15/10/2021). Merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Blitar dan Komando Armada II Kawasan Tengah Surabaya. Wali Kota Blitar, Santoso saat meninjau serbuan vaksinasi hari pertama, Kamis (14/10/2021) mengatakan serbuan vaksinasi Covid-19 ini diperuntukkan bagi masyarakat yang belum menerima vaksinasi dosis pertama atau dosis kedua. Jumlah vaksin yang didistribusikan Koarmada II sekitar 30.000 dosis jenis Sinovac, untuk Kota-Kabupaten Blitar. Menurut Santoso, khusus Kota Blitar vaksin yang diterima hanya 10.000 dosis. Mengingat cakupan vaksinasi di wilayahnya saat ini sudah cukup tinggi. Santoso menyebut serbuan vaksinasi ini bisa diikuti oleh kelompok remaja, masyarakat umum hingga lansia. Calon peserta bisa mendaftar melalui online atau datang langsung ke lokasi vaksinasi dengan membawa data diri KTP, KIA atau KK. Untuk mencegah antrean, peserta juga dianjurkan membawa bolpoint sendiri. “Karena jumlah dari warga di Kota Blitar yang telah tercover vaksinasi baik dosis satu maupun dosis dua lumayan banyak, dari pada vaksin yang diterima ini nanti mubadir, maka sisa dari 10.000 dosis vaksin itu kami berikan pada Pemerintah Kabupaten untuk melakukan percepatan vaksinasi” jelas Santoso. Santoso menambahkan berdasarkan data KPCPEN pada 12 Oktober capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Blitar sudah 100,16% dan dosis kedua mencapai 69,1%. Pihaknya berharap serbuan vaksinasi ini mampu meningkatkan capaian vaksinasi di Kota Blitar. (Fan)

14-10-2021
Kelurahan Sananwetan Raih Juara Terbaik II Lomba Desa Kelurahan Tingkat Provinsi 2021

Blitar Kota - Kota Blitar kembali menorehkan prestasi, kali ini dari Kelurahan Sananwetan-Kecamatan Sananwetan yang dinobatkan sebagai juara terbaik II pada lomba Kelurahan Desa tingkat Provinsi tahun 2021. Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono dikonfirmasi di ruang kerjanya Rabu, (13/10/2021) mengatakan prestasi ini bukan hal yang mudah sebab terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui Kelurahan Sananwetan. Diawali dari tahap seleksi pada (27/5/2021) kemudian dilanjutkan dengan kunjung lapang pada (25/6/2021) lalu. Menerut Heru keberhasilan Kelurahan Sananwetan ini tidak lepas dari dukungan masyarakat dan pihak terkait. Misalnya penanggulangan kemiskinan hingga kegiatan kemasyarakatan dalam pemulihan ekonomi melalui Kelompok Wanita Tani (KWT). Selain itu, keberadaan bank sampah yang mampu merubah sampah plastik menjadi barang yang bernilai jual tinggi juga mendapat perhatian khusus dari tim penilai. Heru berharap prestasi ini bisa memberikan semangat lebih bagi jajaran Kelurahan Sananwetan untuk meningkatkan kegiatan kemasyarakatan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. “Alhamdulillah untuk tahun 2021 ini Pemerintah Kota Blitar yang diwakili Kelurahan Sananwetan-Kecamatan Sananwetan berhasil meraih juara terbaik II se-Jawa Timur, harapan kami dengan perolehan ini Kelurahan Sananwetan dapat saling bersinergi dengan jajaran terkait dalam meningkatkan prestasi yang ada” jelas Heru. Sementara itu, penghargaan Desa-Kelurahan Terbaik ini diserahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, (11/10/2021) di Surabaya. Juara terbaik I diraih Kelurahan Banjarejo- Kota Madiun, Juara III Kelurahan Gadingkasri- Kota Malang dan Juara IV diraih Kelurahan Gedongan- Kota Mojokerto. (Fan)

14-10-2021
Wali Kota Blitar Serahkan Bantuan Sosial Barang Bagi Peserta Pelatihan Keterampilan Sosial 2021

Blitar Kota - Wali Kota Blitar, Santoso menyerahkan bantuan sosial barang bagi peserta pelatihan ketrampilan yang diselenggarakan Dinas Sosial sejak beberapa bulan lalu. Penyerahan dilakukan secara simbolis di aula Dinas Sosial, Kamis (14/10/2021). Santoso mengatakan pelatihan yang diselenggarakan Dinas Sosial ini, untuk meningkatkan keterampilan warga Kota Blitar. Dengan begitu, peserta pelatihan diharapkan bisa membuka usaha dan menambah pendapatan keluarga. Sebab, Pemerintah Kota juga memberikan bantuan sosial barang untuk mendukung ketrampilan mereka. Santoso mencotohkan, untuk pelatihan pembuatan keripik peserta mendapatkan kompor gas 2 tungku, tabung gas 3kg, regulator, wajan, timbangan, saringan dan sutil. Pihaknya menghimbau agar bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak dijual ke orang lain. "Tidak boleh dijual, karena bantuan ini untuk menunjang keahlian mereka" tegas Santoso. Santoso menegaskan tahun ini terdapat 3 jenis pelatihan ketrampilan yang diselenggarakan Dinas Sosial. Yaitu pelatihan pembuatan keripik 18 orang, menjahit tingkat dasar 20 orang, hingga merakit dan service sound system 15 orang. "Kalau yang ikut pelatihan menjahit mendapatkan mesin jahit. Yang merakit dan service sound system mendapatkan paket box tool set" jelas Santoso. Santoso menambahkan program pelatihan ketrampilan ini diperuntukan bagi warga yang memiliki ketrampilan khusus namun secara perekonomian kurang mampu, dan terdampak pandemi Covid-19. (Fan)

Streaming Mahardhika FM


Streaming Youtube


Facebook Page


Twitter LPPL Mahardhika FM